Renungan Hati - Lapang Dada Membuat Hati Damai Dan Tentram

8 Aug 2012

Lapang Dada Membuat Hati Damai

Lapang Dada Membuat Hati Damai

Hidup kita di dunia ini hanya sekali saja, sebentar dan belum tentu berumur panjang, sungguh rugi jikalau kita tidak bisa menjaga suasana hati dan jiwa kita ini. Renungkanlah bahwa kekayaan yang sungguh mahal dalam mengarungi kehidupan ini adalah SUASANA HATI selain yang paling mahal adalah kondisi dan kualitas keimanan kita.

Walaupun rumah kita tampak sempit, tapi kalau hati kita lapang maka akan terasa luas. Walaupun tubuh kita sakit, tapi kalau hati kita ceria, sehat, maka akan terasa enak. Walaupun badan kita lemes, tapi kalau hati kita tegar, maka akan terasa mantap. Walaupun mobil kita merek murahan, motor kita modelnya jadul, tapi kalau hati kita indah, maka akan tetap terhormat. Walaupun kulit kita kehitam-hitaman, tapi kalau batinnya jelita, akan tetap mulia dan tampak bercahaya. Sebaliknya, apalah artinya rumah yang lapang kalau hatinya sempit! Apalah artinya makanan berkelas dan segala makanan enak lainnya, kalau hati sedang berkecamuk! Apalah artinya ruangan ber-AC kalau hati mendidih! Apalah artinya mobil mewah, kalau hatinya merana!

Salah satu cara untuk mengatasi perasaan-perasaan seperti ini, adalah kecerdikan kita dalam mengkondisikan hati kita dalam situasi apapun juga, karena hati kita harus selalu siap untuk terkecewakan, karena hidup ini tidak akan selamanya sesuai dengan keinginan kita, karena hidup ini selalu memerlukan perjuangan, karena hidup ini tak selamanya indah, karena hidup ini tak selamanya membahagiakan. Dalam situasi dan kondisi apapun, kita harus siap dengan segala resiko yang terjadi. Dan SUASANA HATI yang damai lagi tentram adalah TAMENG yang sangat berharga dari segala situasi yang mengecewakan diri.

<MIF - RENUNGANKU>

(Makna Hidup - Muhammad Irfan Firdaus)
Indahnya menjadikan hidup lebih bermakna


TAGS Renungan Nasehat Penyakit Hati Ahlak Mulia Lapang Dada Hati Yang Damai


-

Author

Follow Me