Kuatkan Dirimu Dalam Menyikapi Berbagai Permasalahan Hidup

11 Mar 2013

Hidup ini tentunya banyak sekali diselimuti oleh berbagai permasalahan, karena tanpa masalah hidup ini tidaklah akan berarti apa-apa dan tanpa masalah kita hanyalah akan terdiam dan terpaku pada kondisi yang sama. Besar maupun kecilnya suatu masalah yang dihadapi, tetaplah hal itu dikatakan sebagai “masalah” yang perlu ditindaklanjuti dan ditangani dengan penuh kesabaran, ketulusan dan keseriusan.

Setiap masalah yang dihadapi setiap orang itu berbeda dan tentunya akan berbeda pula cara dalam menanggapi, menyikapi dan mengatasinya. Namun yang pasti, jika kita mau berusaha keras menyelesaikannya, maka akan selalu ada jalan keluar untuk mengatasi setiap masalah yang datang menghampiri, karena sesudah kesulitan itu ada akan ada kemudahan setelahnya dan jika satu pintu tertutup maka akan selalu ada pintu lain yang terbuka.

Dan sudah menjadi kebiasaan diri kita yang lemah, atas setiap permasalahan yang belum diselesaikan itu akan membuat jiwa tak tenang, hati yang gusar, pikiran yang resah, muncul ketidaknyamanan bahkan terkadang hampir putus asa menunggu permasalahan itu cepat berlalu dari dalam diri. Kesabaran, keikhlasan, kecerdasan, kematangan dan tentunya yang paling utama adalah keimanan akan menjadi salah satu benteng kokoh untuk menghindari diri dari setiap permasalahan yang bisa berakibat buruk dan fatal pada diri kita.

Permasalahan-permasalahan yang datang tidak hanya berasal dari diri sendiri saja, bahkan terkadang permasalahan itu pun bisa datang dari orang lain di sekitar kita. Jika kita tidak menguatkan iman, tidak mampu bersikap dewasa dalam bertindak, matang dalam pemikiran, luas dalam ilmu dan pengalaman, bahkan tidak menyerahkan semuanya kepada Sang Khalik setelah berusaha keras dan cerdas, maka sangat dimungkinkan diri kita akan menjadi seseorang yang semakin lemah, rapuh, pesimis, putus asa, frustasi bahkan depresi.

Semoga menjadi motivasi yang bermanfaat untuk kita semua…Aamiin.

(Makna Hidup - Muhammad Irfan Firdaus)
BELAJAR MEMAKNAI ARTI HIDUP DAN KEHIDUPAN


TAGS Ahlak Mulia Introspeksi Diri Kesulitan Nasehat Motivasi Renungan Hidup Bijak Masalah Permasalahan Hidup


-

Author

Follow Me