Selalu Ada Kelebihan Di Balik Kekurangan Manusia

3 Apr 2013

Manusia yang lahir dengan serba kekurangan, ternyata menyimpan tiga potensi besar dan kekuatan yang telah Allah anugerahkan, sebagai sarana bagi manusia itu sendiri untuk menyerap berbagai ilmu pengetahuan dan mengenali kebenaran.

Diantara ketiga potensi dan kekuatan itu yaitu :
- Kemampuan panca inderanya untuk melakukan interaksi dan penyerapan langsung dengan lingkungannya,
- Kekuatan jiwa dan hatinya untuk menerima ilmu, nasehat, motivasi termasuk informasi yang datang dari luar dirinya,
- Kemampuan dan kekuatan otaknya untuk bisa berpikir secara sehat dan rasional.

Jika seorang manusia telah mengenali dan memanfaatkan ketiga anugerah ini, maka ia akan semakin optimal dalam memberdayakan panca inderanya, kemampuan berpikirnya dan juga jiwanya yang besar akan mampu menerima setiap ilmu dan nasehat yang benar. Dengan demikian, maka ia akan lebih efektif dalam menerima ilmu dan kebenaran tersebut, sehingga menghasilkan langkah-langkah yang matang, keyakinan yang lurus dan juga melahirkan tindakan-tindakan yang positif.

Dan jika saja ketiga potensi dan kekuatan ini diabaikan, maka hal itu akan semakin melemahkan dirinya, menghasilkan pemikiran yang keliru, selalu merasa tak nyaman pada jalan yang lurus, jiwanya semakin rapuh dan sangat sulit sekali menerima ilmu dan kebenaran, walaupun ilmu dan nasehat bertubi-tubi datang pada dirinya. Namun hal itu tidak akan mampu membawa dirinya menuju perubahan yang lebih baik.

Semoga catatan kecil ini bermanfaat untuk kita semua…Aamiin yaa Robbal ‘alamiin.

Bagi yang berminat menyebarkan kumpulan hadits-hadits pilihan dan kumpulan perkataan ulama, silahkan gabung di halaman kami - KUMPULAN HADITS DAN PERKATAAN ULAMA -

===>
Sebarkan catatan kecil ini agar menjadi kebaikan untuk kita semua…Aamiin.
===>
(Makna Hidup - Muhammad Irfan Firdaus)
BELAJAR MEMAKNAI ARTI HIDUP DAN KEHIDUPAN


TAGS Kelebihan Kekurangan Renungan Pikiran Panca Indera Hati Jiwa Ilmu Pengetahuan Kebenaran


-

Author

Follow Me